Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah
energi untuk melakukan atau membantu pelaksanaan tugas manusia. Biasanya
membutuhkan sebuah masukan sebagai pelatuk, mengirim energi yang telah
diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah
disetel. Mesin dalam bahasa Indonesia sering pula disebut dengan
sebutan pesawat, contoh pesawat telepon untuk tejemahan bahasa Inggris
telephone machine. Namun belakangan kata pesawat cenderung mengarah ke
kapal terbang.
Mesin telah mengembangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya
catatan tertulis. Perbedaan utama dari alat sederhana dan mekanisme atau
pesawat sederhana adalah sumber tenaga dan mungkin pengoperasian yang
bebas. Istilah mesin biasanya menunjuk ke bagian yang bekerja bersama
untuk melakukan kerja. Biasanya alat-alat ini mengurangi intensitas gaya
yang dilakukan, mengubah arah gaya, atau mengubah suatu bentuk gerak
atau energi ke bentuk lainnya.
1. Mesin pembakaran dalam ;
a. Mesin bensin
b. Mesin Diesel
c. Four-stroke cycle
d. Two-stroke cycle
e. Mesin Wankel
Mesin pembakaran dalam adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber).
"Mesin pembakaran dalam" sendiri biasanya merujuk kepada mesin yang
pembakarannya dilakukan secara berselang-seling. Yang termasuk dalam
mesin pembakaran dalam adalah mesin empat tak dan mesin dua tak, dan beberapa tipe mesin lainnya, misalnya mesin enam tak dan juga mesin wankel. Selain itu, mesin jet dan beberapa mesin roket termasuk dalam mesin pembakaran dalam.
Mesin pembakaran dalam adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya
berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil
pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam
ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion
chamber).
Sebuah mesin piston bekerja dengan membakar bahan bakar hidrokarbon
atau hidrogen untuk menekan sebuah piston, sedangkan sebuah mesin jet
bekerja dengan panas pembakaran yang mendorong bagian dalam nozzle dan
ruang pembakaran, sehingga mendorong mesin ke depan.
Secara kontras, sebuah mesin pembakaran luar seperti mesin uap, bekerja
ketika proses pembakaran memanaskan fluida yang bekerja terpisah,
seperti air atau uap, yang kemudian melakukan kerja.
Mesin jet, kebanyakan roket dan banyak turbin gas termasuk dalam mesin
pembakaran dalam, tetapi istilah “mesin pembakaran dalam” seringkali
menuju ke “mesin piston”, yang merupakan tipe paling umum mesin
pembakaran dalam.
Mesin pembakaran dalam ditemukan di Cina, dengan penemuan kembang api
pada Dinasti Song. Mesin pembakaran dalam resiprokat (mesin piston)
ditemukan oleh Samuel Morey yang menerima paten pada 1 April.
2. Mesin pembakaran luar ;
a. Mesin uap
b. Mesin Stirling
c. fourstroke
Mesin pembakaran luar atau sering disebut juga sebagai eksternal
combustion engine (ECE), yaitu dimana proses pembakarannya terjadi
diluar mesin.
Hal-hal yang dimiliki pada mesin pembakaran luar yaitu :
a. dapat memakai semua bentuk bahan bakar.
b. dapat memakai bahan bakar yang bermutu rendah.
c. cocok untuk melayani beban-beban besar dalam satu poros.
d. lebih cocok dipakai untuk daya tinggi
Motor pembakaran luar adalah proses pembakaran bahan bakar terjadi diluar
motor itu, sehingga untuk melaksanakan pembakaran motor tersendiri. Panas dari
hasil pembakaran bahan bakar tidak langsung diubah menjadi tenaga gerak, tetapi
terlebh dulu melalui media penghantar, baru kemudian diubah menjadi tenaga
mekanik. Di dalam motor pembakaran luar bahan bakarnya dibakar diruang
pembakaran tersendiri dengan ketel untuk menghasilkan uap, selanjutnya uap yang
dihasilkan digunakan untuk menggerakan sudut – sudut turbin. Jadi motor tidak
digerakan oleh gas yang terbakar, akan tetapi digarakan oleh uap air.
Sedangkan pengertian dari motor uap itu sendiri adalah motor yang
menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis.
Motor uap digunakan dalam pompa lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting
dalam revolusi industri.
1.Motor Uap
Engine Uap
Lokomotif
Lokomotif uap merupakan cikal bakal mesin kereta api. Uap yang dihasilkan
dari pemanasan air yang terletak di ketel uap digunakan utuk mengerakan torak
atau turbin dan selanjutnya disalurkan ke roda. Bahan bakar biasanya kayu bakar
atau batu bara.
Mesin uap, terdiri dari ketel uap yang berisi air dipanaskan dengan bahan
bakar kayu, minyak, atau batu bara secara terus – menerus sampai mendidih, air
yang mendidih tersebut menghasilkan uap air yang dihasilkan dalam satu kamar
sehingga menghasilkan suatu tekanan tinggi dan menggerakan piston yang
selanjutnya juga menggerakan roda – roda lokomotif.
Komponen Motor Uap
Boiler umumnya terdiri dari :
Ø Ruang pembakaran : tempat bahan bakar dibakar
Ø Boiler drum : menampung air deminelarizer
mengalirkanya ke tubedan menampung uap jenuh yang kembali
Ø Economiser : water tube, posisinya paling jauh dari
sumber panas, fungsinya untuk memenaskan air dengan sisa panas agar efesiensi
kalonya membaik
Ø Evaporator : water tube yang fungsinya menguapkan air
posisinya biasnya di tengah
Ø Superheater : fungsinya memenaskan uap iar menjadi
superheater steam (uap panas)
Ø Tubin uap : merubah energy panas menjadi energi gerak
Ø Condensor : fungsinya merubah fasa uap menjadi air
kembali
Cara Kerja Motor Uap
Ø Air demineralizer ( air tanpa kandungganmineral / air murni )di pompa ke
boiler dari condenser ( kita bicara boiler turbin uap yang siklus airnya
tertutup ) dengan pompa melalui pompa economiser, di economiser air menerima
panas tetapi belum menguap / masih fas iar
Ø Air tersebut masuk ke boiler drum dan ditaruskan ke saluran water tube
evaporator untuk dirubah fasaya menjadi uap jenuh ( uap yang kamu liat waktu
merebuas air ) / ( satutated steam ) dan kembali lagi ke boiler drum
Ø Uap di boiler drum di alirkan ( uap melalui saluran di atas, sedangkan air
dibawah ) ke superheater tube yang berada paling dekat dengan sumbar panas
untuk merubah uap jenuh menjadi uap panas lamjut ( superheated steam )
Ø Superheater steam kemudian di alirkan ke steam turbin uap menggerakan blade
turbin
Ø Setelah melalui turbin tempratur uap murni / begitu juga enthalpy ny,
fasnya kembali ke uap jenuh & mengalir ke kondensor
Ø Di kondensor fasanya dirubah kembali ke fasa cair dan kemudiam di pompakan
kembali ke boiler dan silusnya kembali ke semula
Turbin Uap
Sebuah turbin adalah
sebuah motor berputar yang mengambil energi dari aliran fluida.
Turbin tersederhana memiliki
satu bagian yang bergerak, “ asembli rotor blade”. Fluida yang
bergerak bekerja kapada baling – baling untuk memutar mereka dan menyalurkan
energy ke rotor. Contoh tubin awal adalah kincir angin dan roda air.
Sebuah turbin yang
bekerja terbalik disebut kompresor atau pompa turbo. Turbin gas, uap, dan air
biasanya memiliki casing sekitar baling – baling yang memfokus dan mengontrol
fluid. “ casing” dan baling – baling munggkin memiliki geometri variable yang
dapat membuat operasi efisiens untuk bebrapa kondisi aliran fluida.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar